Konferensi dan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna LIPI 2014

Konferensi dan Seminar Teknologi Tepat Guna-2014

Bandung, 4-5 November 2014 (revisi)

 

 

Tanggal Pelaksanaan direvisi menjadi 4-5 November 2014

Tanggal Pelaksanaan direvisi menjadi 4-5 November 2014

 

brosur_dpn

Leaflet depan

brosur_blk

Leaflet belakang

 

BACKGROUND

Salah satu strategi untuk mempercepat kemajuan ekonomi masyarakat dalam menghadapi persaingan global adalah melakukan percepatan pembangunan melalui upaya pemberdayaan masyarakat diberbagai bidang kehidupan. Teknologi Tepat Guna (TTG) adalah salah satu alat yang efektif dalam upaya pemberdayaan masyarakat tersebut yang apabila dimanfaatkan secara optimal akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan nilai tambah produk, perbaikan mutu dan membantu dalam mewujudkan usaha produktif yang efisien.

Pemanfaatan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan akan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat, yang berkontribusi terhadap peningkatan daya saing bangsa. Menurut laporan World Economic Forum (WEF) dalam The Global Competitiveness Report 2013-2014, daya saing Indonesia menempati peringkat 38 dari 148 Negara. Indeks daya saing Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 12 peringkat dibanding posisi 50 tahun 2013. Meskipun mengalami peningkatan yang pesat namun jika dibandingkan dengan negara-negara ASEAN, Indonesia masih menempati peringkat kelima, sehingga masih diperlukan upaya yang terus menerus dalam peningkatan daya saing bangsa, khususnya di sektor ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk teknologi tepat guna.

Dalam mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat, teknologi tepat guna dapat difungsikan dalam pengelolaan sumber daya alam sesuai dengan potensi lokal. Oleh karenanya, dalam implementasinya teknologi tepat guna juga mengisyaratkan perlunya keselarasan antara kebutuhan dalam menjawab permasalahan dalam masyarakat dan aspek lingkungan hidup. Untuk itu dalam diseminasi teknologi tepat guna, isu teknologi hijau menjadi relevan demi tercapainya pembangunan berkelanjutan, baik dari aspek ekonomi, sosial dan budaya.

Secara teknis teknologi tepat guna merupakan jembatan antara teknologi tradisional dan teknologi maju. Oleh karena itu aspek sosio-kultural dan aspek ekonomi juga merupakan faktor penting untuk diperhatikan dalam mengelola teknologi tepat guna. Dalam proses pengalihan teknologi tepat guna kerap ditemukan adanya kesenjangan yang cukup besar antara pemberi teknologi dengan masyarakat sebagai penerima teknologi, khususnya masyarakat dan UKM. Tingkat pendidikan, faktor sosial budaya, dan kemudahan akses informasi sangat berpengaruh dalam kemampuan teknologi masyarakat. Di samping itu, nilai budaya dan kearifan lokal sangat berperan dalam kemampuan penyerapan teknologi yang dialihkan.

Mengingat faktor-faktor tersebut dan adanya keterbatasan modal maka dalam proses alih TTG kepada masyarakat diperlukan bantuan berbagai pihak yang berkepentingan, baik Pemerintah maupun non-Pemerintah, termasuk skema pendanaan mikro dari perbankan. Skema pendanaan mikro sangat diperlukan dalam upaya pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya dalam meningkatkan efektifitas usaha melalui pemanfaatan teknologi tepat guna.

Proses alih teknologi adalah bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat itu sendiri. Oleh karenanya, agar teknologi tepat guna dapat berfungsi sebagai alat dalam mempercepat pembangunan ekonomi diperlukan suatu metode proses transfer teknologi yang tepat sehingga menjamin tercapainya penguasaan teknologi tersebut oleh masyarakat. Dalam hal ini proses fasilitasi dan pendampingan teknis merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pengadopsian dan pengembangan teknologi tepat guna. Peran fasilitator sangat penting dan strategis untuk mendorong peningkatan inovasi di masyarakat.

Mengingat faktor-faktor tersebut dan adanya keterbatasan modal maka dalam proses alih teknologi tepat guna kepada masyarakat diperlukan bantuan berbagai pihak yang berkepentingan, baik Pemerintah maupun non-Pemerintah, termasuk skema pendanaan micro dari perbankan. Proses alih teknologi adalah bagian dari upaya pemberdayaan masyarakat itu sendiri. Oleh karenanya, agar teknologi tepat guna dapat berfungsi sebagai alat dalam mempercepat pembangunan ekonomi diperlukan suatu metode proses transfer teknologi yang tepat sehingga menjamin tercapainya penguasaan teknologi tersebut oleh masyarakat. Dalam hal ini proses fasilitasi dan pendampingan teknis merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam pengadopsian dan pengembangan teknologi tepat guna. Peran fasilitator sangat penting dan strategis untuk mendorong peningkatan inovasi di masyarakat.

Berbagai bidang teknologi tepat guna terus dimasyarakatkan dan dikembangkan hingga saat ini. Melalui forum seminar dan konferensi ini, berbagai pengalaman berkaitan dengan pengembangan teknologi tepat guna, baik dari segi perekayasaan teknologi itu sendiri maupun proses alih teknologi yang dilaksanakan oleh berbagai institusi, diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan komunikasi mengenai perkembangan dan best practices implementasi teknologi tepat guna di masyarakat

Kategori Paper

  1. Teknologi pangan dan pasca panen;
  2. Pemanfaatan energi terbarukan;
  3. Pengelolaan lingkungan;
  4. Pemasyarakatan teknologi tepat guna (pertanian, perikanan, peternakan, dan kehutanan) dan aspek sosial ekonominya;
  5. Skema pendanaan mikro (micro financing) untuk pengembangan UMKM.

TANGGGAL PENTING

Batas akhir pengiriman abstrak : 11 Agustus 2014

Pengumuman penerimaan abstrak : 29 Agustus 2014

Batas akhir pengiriman full paper : 20 September 2014

Pelaksanaan Konferensi dan Seminar : 4 – 5 November 2014

Tempat Pelaksanaan :

Hotel Aston Tropicana
Jl. Cihampelas 125, Bandung, Jawa Barat
Telepon:022-2030101

REGISTRASI

:: Pemakalah
(1) Pemakalah melakukan registrasi online melaluihttp://www.seminarttglipi.com dengan mengklik menu:“Registration” yang ada di sebelah atas halaman web atau dapat langsung meng-klik (DAFTAR DI SINI). (1 April 2014- 20 Juli 2014)
(2) Pemakalah mengisi“registration form”
(3) Pemakalah akan mendapatkan account (user name dan password)
(4) Pemakalah melakukan login
(5) Pemakalah mengisi keyword kemudian mengupload dan mengirim attachment file abstrak(format : penulis_judul.DOC ) pada menu“upload abstrak”. Tanggal 1 April 2014- 20 Juli 2014
(6) Pemakalah mengecek daftar abstrak yang telah terkirim pada menu:“Daftar Abstrak”
(7) Pemakalah mengecek daftar abstrak yang lolos seleksi pada menu:“Daftar Abstrak Diterima” (15 Agustus 2014)
(8) Pemakalah yang lolos seleksi abstrak, mengunggah dan mengirim attachment file Full Paper beresktensi(*.DOC) dan Slide Presentation (format: *PPT atau  *PDF) yang telah di “Compress” (.zip atau .rar)pada menu “Upload Paper”. (15 Agustus 2014 – 20 September 2014)
(9) Pemakalah mengecek daftar Paper dan Slide Presentation yang diterima pada menu: “Daftar Paper Diterima”
(10) Pemakalah melakukan pembayaran dan konfirmasi ke panitia. Tanggal (sejak paper diterima hingga 24 Oktober 2014)
Baca detail…
:: Klik Di sini untuk Daftar sebagai Pemakalah ::
:: Non Pemakalah
(1) Non Pemakalah melakukan registrasi online melaluihttp://www.seminarttglipi.com dengan mengklik menu: “Registration” yang ada di sebelah atas halaman web atau dapat langsung meng-klik (DAFTAR DI SINI). Tanggal (1 April 2014- 20 Juli 2014)
(2) Peserta non-pemakalah mengisi “registration form”  dan mendapatkan account (user name dan password)
(3) Peserta non-pemakalah mengecek namanya pada menu “Daftar Peserta Non-Pemakalah”
Jika namanya telah terdaftar pada “Daftar Peserta Non-Pemakalah”maka peserta non-pemakalah melakukan pembayaran sebesar :

Peneliti/Dosen/Profesional/Umum : @Rp.100.000,-
Mahasiswa : @Rp. 50.000,-
Pemesanan Prosiding : @Rp. 100.000,- (Belum termasuk ongkos kirim)

BNI Cabang Subang dengan nomor rekening 033-644-8951 atas nama Konferensi dan Seminar Teknologi Tepat Guna 2014. Pemakalah melakukan konfirmasi pembayaran, dengan cara :

  • Fax ke nomor 0260-411239, atau
  • Scan bukti pembayaran dan dikirim melalui web, dengan cara:
    – Login kemudian Pilih menu Konfirmasi Pembayaran
    – Unggah dan kirim attachment file Bukti Pembayaran
    – Pemakalah mengecek “Daftar Non-Pemakalah” yang telah melakukan pembayaran pada menu: “Daftar Non-Pemakalah” (Lihat status pada kolom Status [Lunas / Pending]

:: Klik Di sini untuk Daftar sebagai Non-Pemakalah ::

 

OFFICIAL INFO

Advertisements

2 thoughts on “Konferensi dan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna LIPI 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s